Wednesday, February 12, 2014

Pidato Pengaruh Televisi pada Anak-Anak

Assalamu’alaikum wr. wb.
Teman-teman yang saya sayangi, pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato mengenai “Pengaruh Televisi pada Anak-Anak”.
Televisi adalah sebuah media komunikasi sebagai penerima siaran gambar bergerak serta suara baik itu berupa monokrom maupun berwarna.
Jenis program televisi dapat dibedakan berdasarkan teknis atau berdasarkan isi. Bentuk teknis merupakan bentuk umum yang menjadi acuan terhadap bentuk program televisi seperti talk show, dokumenter, film, kuis, musik, dll. Berdasarkan isi, program televisi dibedakan antara lain hiburan, drama, olahraga, berita, dan agama.
Secara umum televisi sangat berguna bagi penyampaian informasi paling efektif dan efisien. Efektif dari segi penyampaian informasi dan efisien dari segi harga untuk memperoleh informasi tersebut. Dengan media televisi, wawasan dan ilmu pengetahuan seseorang dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Banyak hal positif yang dapat diambil dari adanya media televisi ini seperti informasi mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, hiburan, dan lain sebagainya.
Namun demikian seiring perkembangan waktu ke waktu, media televisi saat ini lebih banyak menyiarkan beberapa acara yang tidak tepat waktunya. Seharusnya ketika seorang anak harus belajar, mereka malah asyik menonton karena ditelevisi sedang ditayangkan serial Naruto dan Upin-Ipin. Tentu saja hal ini menjadi tidak baik dan benar ketika televisi menayangkan tayangan anak-anak disaat jam belajar bagi mereka.
Malas adalah salah satu penyakit yang timbul karena seorang anak sudah terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga lupa dengan belajarnya. Selain malas, pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal yang tidak seharusnya dicontoh seperti kekerasan, gaya hidup mewah, dll.
Maka dari itu, alangkah baiknya orang tua perlu membatasi waktu menonton televisi dan menyaring tayangan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu, kondisi dalam rumah yang hangat dan kekeluargaan akan mengakibatkan waktu melihat televisi semakin terbatas. Orang tua juga dapat mendidik anak-anaknya dengan lebih mudah melalui media televisi.
Sedikit saya simpulkan bahwa media televisi merupakan media yang paling mudah mendapat informasi namun juga berdampak buruk bila tidak sesuai dengan tayangannya. Peranan orang tua untuk mendampingi anak dalam menonton televisi sangatlah penting.

Demikian pidato singkat saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment